Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Jembrana
Info Publik

Pojok It

INVESTASI

PESAN SINGKAT

info diklat Kawasan Tanpa Rokok P3SLH

Festival Seni Jembrana Tutup Perayaan HUT Kota Negara ke-116

28 Agu 2011 - Posted by: humas



Setelah hampir sebulan tepatnya sejak dibuka pada tanggal 3 agustus 2011 lalu, perayaan HUT Kota Negara ke 116 akhirnya resmi ditutup . Hal itu ditandai dengan digelarnya festival seni Jembrana , (28 /8 )yang dulu dikenal dengan nama Parade Budaya Nusantara. Tampak hadir pejabat dari provinsi Bali, undangan kabupaten maupun pemda Jembrana , seperti Wagub Bali AA Puspayoga, anggota DPD I Kadek “Lolak” Ariambawa, wakil bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Jembrana I ketut Sugiasa, wakil bupati Klungkung Tjokorda Gede Agung, Kadis Kebudayaan Provinsi Bali Ketut Suastika , unsur muspida Jembrana serta beberapa pejabat dilingkungan SKPD Jembrana.

Festival mengambil start bertempat di perempatan Jalan Surapati dan berakhir di taman makam pahlawan Negara. Tepat pukul 14.30 , festival dimulai ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati Jembrana I Putu Artha. Yang menarik , Bupati Jembrana ini tiba dilokasi panggung menaiki “cikar mekepung” didampingi oleh ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa. Hal yang sama juga dilakukan oleh wakilnya I Made Kembang Hartawan yang tiba dilokasi dengan cara “berbagi “ cikar dengan anggota DPD RI Dapil Bali I Kadek Ariambawa.

Dalam sambutannya , artha mengungkapkan serangkaian kegiatan yang diadakan selama peringatan HUT Kota Negara ke-116 merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berbagai karunia dan berkah kepada Jembrana. Kegiatan yang digelar pun beraneka macam, tidak hanya hiburan, namun juga pementasan budaya, pameran dagang, kegiatan sosial sampai pada pelestarian alam . Khusus terhadap festival seni Jembrana yang merupakan acara pamungkas kegiatan HUT Kota Negara, Artha mengatakan lebih banyak mengedepankan potensi seni lokal Jembrana.

Festiva Seni Jembrana ini tampaknya sangat dinanti-nanti oleh warga Jembrana. Hal ini terbukti dengan begitu antusiasnya masyrakat menyaksikan festival. Bahkan sejak pukul 13.00 wita ruas-ruas jalan yang akan dilalui peserta festival sudah disesaki warga padahal acara baru dilepas pukul 14,30 wita. Beberpa kali penonton tampak meluber kejalan untuk menyaksikan festival lebih dekat sehingga membuat aparat yang bertugas kewalahan . Festival dengan MC Ayu Maenah itu diawali dengan penampilan Tari Suar Agung yang merupakan garapan sekaa Jegog Sangkaragung. Berikutnya adalah pengusungan lambang daerah Jembrana dan disusul oleh penampilan seni budaya dari masing-masing kecamatan yang ada di Jembrana. Selain itu ada pula duta kesenian dari kabupaten / kota se-Bali seperti Tabanan yang menampilkan okokan, gianyar denga kesenian Barong, Klungkung dengan Tektekan, bangli dengan barong brutuk, karangasem dengan barong macan serta buleleng yang menampilkan kesenian wayang wong

Masing-masing kecamatan tampaknya tidak mau kalah dan berusaha menampilkan yang terbaik dari potensi daerahnya masing-masing. Tidak hanya kesenian lokal saja, namun ada juga yang menampilkan hasil bumi yang dimiliki daerahnya. Seperti subak abian Dewasana kelurahan pendem negara yang memmaerkan berbagai hasil bumi yang dimilikinya. Bahkan bupati Jembrana I Putu Artha yang berada di tribun kehormatan “kebagian “ durian serta wakilnya I Made Kembang Hartawan mendapat buah manggis yang langsung dicicipi bersama-sama. Selain hasil bumi ada juga penampilan menarik dari kecamatan Melaya yang menampilkan fragmen “illegal logging “ sebagai suatu tindakan terlarang dan merugikan . Festival ditutup dengan penampilan barong sai dari kabupaten Badung . (Abhi / Humas jembrana)

Komentar

Flora Dewata @ 16 Mar 2012
met siang.? ini dari flora dewata bedugul,? untuk tahun ini ada ulang tahun lagi gak kota jembrane,? ada event gak,? untuk kios pameran, klau ada saya mau daptar untuk 1 kios , khsus untuk jualan aneka jenis tanaman hias khas bedugul. klau boleh tau ukur

1 |

Posting Komentar

Nama Lengkap
E-mail
Isi Komentar
captcha image

Teropong

SiteStatistic

Visitors: 6472010 Users
Hits: 20052289 Hits
Month: 12494 Users
Today: 714 Users
Online: 19 Users
Pemerintah Kabupaten Jembrana: Jl. Surapati no 1 Kec. Jembrana Kab. Jembrana Prov. Bali
Telp. (0365) 41210 Fax: (0365) 41010 Call Center: (0365) 44444
SMS Center: 08 123 870 870 Email: kabjembrana@yahoo.com, hubkominfo@jembranakab.go.id
Tim IT PemKab. Jembrana
Design By