Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Jembrana
Info Publik

Pojok It

INVESTASI

PESAN SINGKAT

info diklat Kawasan Tanpa Rokok P3SLH

Jelang Diberlakukannya JKBM, Bupati-Ketua DPRD Tinjau Puskesmas Pembantu

30 Sep 2011 - Posted by: humas

Setelah resmi bergabung kedalam program JKBM, masyrakat Jembrana akan menikamati layanan kesehatan itu dimulai pada tanggal 1 oktober 2011. Guna meninjau berbagai kesiapan layanan, Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa, menyempatkan diri mengunjungi beberapa pustu yang akan dioperasikan guna mendukung program kesehatan dari provinsi ini. Kunjungan kedua pejabat teras Jembrana ini juga didampingi oleh Sekda Jembrana I Gede Gunadnya, Asisten I I Made Sudiada, Kadis Kessos dr I Putu Suasta serta Kadis PU I Ketut Swijana.



Peninjauan dimulai dari pustu yang berlokasi di kecamatan Negara yaitu : pustu berangbang, menuju pustu banjar tengah, kecamatan Jembrana yakni loloan timur, pengambengan, perancak, yeh kuning dan pustu dikecamatan Mendoyo yakni Delod berawah dan Pustu Yeh Sumbul. Saat dilokasi artha mengecek berbagai fasilitas serta infrastruktur penunjang layanan. Kesempatan itu pula dimanfaatkan Artha untuk menyapa para petugas di pustu yang terdiri atas dokter dan bidan. “ Berikan pelayanan dengan sebaik-baiknya sesuai protap yang telah diatur. Saya minta keberadaan pustu ini dioptimalkan jangan sampai nanti sedikit2 merujuk kerumah sakit, “pesan artha. Hal yang sama juga diiutarakannya kepada Lurah / kades masing-masing yang ikut mendampingi. Artha berpesan agar mereka ikut memiliki dan bertanggung jawab terhadap pustu. Selain itu membantu mensosialisasikan program baru ini ke masyrakat agar mereka paham dan tahu manfaat dari JKBM ini. Guna menevaluasi program yang terbilang baru dijalankan ini Artha juga menugaskan agar disetiap Pustu disediakan kotak saran guna mengetahui berbagai keluhan serta tingkat kepuasan masyrakat. “ Hal ini penting untuk perbaikan kita kedepan , “ungkapnya.



Sementara itu Kadis Kesehatan dan Sosial Jembrana, dr I Putu Suasta mengaku, ditengah berbagai keterbatasan yang ada, pihaknya sangat siap dan optimis program JKBM yang akan dilaunching hari sabtu , ( 1/10) ini dapat berjalan lancar. Dr Suasta menambahkan masyrakat Jembrana bisa menikmati layanan JKBM tidak hanya di rumah sakit namun juga dipuskesmas induk dan pustu dengan jam layanan 07.30 – 20.00. “ Guna memperlancar layanan kami telah menambah tenaga dokter kontrak sebanyak 13 orang . Nantinya mereka akan bertugas dipustu – pustu yang telah disebar berdasarkan shift yang telah ditentukan, “ucapnya. Selain itu dr Suata juga menegaskan bukti keseriusan Jembrana menjalankan program JKBM ini adalah dengan ditambahnya jam operasional; dipuskesmas yang melayani rawat jalan buka sampai pada pukul 8 malam.



Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa, seusai melakukan peninjauan menegaskan secara umum dari sisi SDM dan ketersediaan obat Jembrana sudah sangat siap melakukan pelayanan JKBM kepada masyrakat. Hanya saja dirinya masih melihat kekuarangan dari segi infrastruktur dimana beberapa bangunan pustu masih kurang memadai. “ Untuk kenyamanan saya rasa masih kurang. Semoga secara bertahap pada 2012 nanti hal ini bisa kita benahi, “pungkasnya. ( abhi / Humas Jembrana )

Posting Komentar

Nama Lengkap
E-mail
Isi Komentar
captcha image

Teropong

SiteStatistic

Visitors: 6352998 Users
Hits: 19728306 Hits
Month: 12494 Users
Today: 714 Users
Online: 19 Users
Pemerintah Kabupaten Jembrana: Jl. Surapati no 1 Kec. Jembrana Kab. Jembrana Prov. Bali
Telp. (0365) 41210 Fax: (0365) 41010 Call Center: (0365) 44444
SMS Center: 08 123 870 870 Email: kabjembrana@yahoo.com, hubkominfo@jembranakab.go.id
Tim IT PemKab. Jembrana
Design By