Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Jembrana
Info Publik

Pojok It

INVESTASI

PESAN SINGKAT

info diklat Kawasan Tanpa Rokok P3SLH

BUPATI ARTHA MELAYANGAN DI TEGAL GINTUNGAN

05 Agu 2012 - Posted by: humas

Memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke 67 dan Ulang Tahun Kota Negara ke 117 tahun 2012 ini, Pemerintah Kecamatan Mendoyo untuk pertama kalinya menyelenggarakan lomba layang-layang bagi masyarakat Mendoyo dan sekitarnya. Perlombaan yang digelar Minggu ( 5/8) kemarin di Areal Persawahan Subak Tegal Gintungan Kelurahan Tegalcangkring, Mendoyo Bupati Jembrana I Putu Artha turut menarik tali layangan bentuk bidadari di bawah terik matahari yang cukup menyengat.

Didampingi Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan dan Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa, Bupati Artha tanpa ragu menarik kencang-kencang tali layangan bidadari sambil belari. Bidadari pun terbang semakin meninggi dihempas angin yang cukup bersahabat. Ketiga pimpinan daerah ini, melayangan dengan gembira disaksikan peserta dan warga Kelurahan Tegalcangkring termasuk warga Desa Delodberawah, lantaran lokasi Bupati melayangan berdekatan dengan Desa Deloberawah.

Camat Mendoyo Komang Agus Adinata dalam kesempatan tersebut mengatakan, perlombaan layang-layang diikuti oleh 70 peserta yang berlangsung Sabtu (4/8) lalu di lokasi yang sama. Pesertanya tidak hanya berasal dari Kecamatan Mendoyo, beberapa warga dari Kecamatan Pekutatan dan Negara juga ada yang ikut berlomba. Kategori layangan yang dilombakan dalam event tersebut diantaranya layangan kreasi, be bean ( ikan-ikanan:red) termasuk layangan aduan jenis burung-burungan dan pecukan alias goangan. Menurut Ketua Panitia Wayan Yudana, dalam pelaksanaan penilaian pihaknya mendatangkan khusus penilai dari luar Jembrana untuk menjaga obyektifitas nilai dengan kriteria penilaian, keseragaman kelompok, kerapihan layangan, tarian di udara, suara goangan dan kriteria-kriteria lainnya yang wajib diikuti peserta.

Sementara itu Bupati Jembrana I Putu Artha menyambut positif dilaksanakannya lomba laying-layang. Bahkan Artha meminta supaya lomba layang-layang ditingkatkan pada level Kabupaten sehingga masyarakat Jembrana lebih banyak dapat berkreatifitas dengan laying-layang. “ Tahun depan kita akan siapkan anggaran khusus untuk lomba layang-layang di tingkat kabupaten “ ujar Bupati Artha. Selain itu Artha mengungkapkan, kalau lomba sampan memerlukan air pasang sedangkan kalau lomba layang-layang memerlukan angin yang cukup. Jadi hal ini sangat bergantung dari kondisi alam dan cuaca. “ Sebaiknya lomba laying-layang dilakukan diatas jam 12 untuk mendapatkan angin yang keras “ kata Artha.

Berbagai jenis layangan seperti yang berbentuk gapura, bidadari, angsa, bhutakala hingga ke jenis serangga dan ikan-ikanan menghiasi langit cerah yang membiru diatas persawahan Subak Tegal Gintungan. ( gus/humas jembrana)

Posting Komentar

Nama Lengkap
E-mail
Isi Komentar
captcha image

Teropong

SiteStatistic

Visitors: 6479180 Users
Hits: 20078144 Hits
Month: 12494 Users
Today: 714 Users
Online: 19 Users
Pemerintah Kabupaten Jembrana: Jl. Surapati no 1 Kec. Jembrana Kab. Jembrana Prov. Bali
Telp. (0365) 41210 Fax: (0365) 41010 Call Center: (0365) 44444
SMS Center: 08 123 870 870 Email: kabjembrana@yahoo.com, hubkominfo@jembranakab.go.id
Tim IT PemKab. Jembrana
Design By