Lomba Utsawa Darma Gita RATUSAN PESERTA REBUT TICKET PKB 2013

24 Nov 2012 - Posted by: humas (dilihat 2725 kali)

Meski Pesta Kesenian Bali (PKB) Tahun 2013 waktunya masih cukup jauh, namun proses persiapannya telah mulai dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana, Sabtu (24/11) kemarin menyelenggarakan Lomba Utsawa Darma Gita (UDG) di Wantilan Pura Jagatnata Jembrana. Sebanyak 290 orang ikut ambil bagian lantaran pemenang Lomba UDG ini, bakal langsung dinobatkan sebagai duta Jembrana dalam Lomba UDG Tingkat Provinsi Bali.

Lomba UDG Tingkat Kabupaten Jembrana Tahun ini, diikuti oleh masyarakat umum sebagai perwakilan dari tiap kecamatan yang ada di Jembrana, peserta dikelompokkan dalam usia maximum 13 tahun untuk anak-anak, usia maksimal 20 tahun untuk golongan remaja dan usia maksimal 40 tahun untuk dewasa. Dalam UDG tersebut sebanyak tujuh item akan dilombakan antara lain, Makekidungan diikuti semua golongan usia, Dharma Widya (cerdas cermat:red) diikuti anak-anak dan remaja, Geguritan khusus untuk remaja, Palawakya untuk remaja dan dewasa, Kekawin hanya diikuti oleh dewasa sedangkan Pembacaan Sloka diikuti oleh remaja sementara Pengucapan Sloka diikuti oleh remaja dan dewasa.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba UDG Kabupaten Jembrana I Nengah Alit menyebutkan, pelaksanaan Lomba UDG merupakan agenda rutin yang dilakukan Dinas Dikporaparbud Kabupaten Jembrana untuk mempersiapkan peserta ke event yang lebih tinggi di tingkat Provinsi Bali. Selain itu menurutnya UDG yang kebanyakan diikuti oleh anak-anak dan remaja ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman maupun pengetahuan tentang sastra agama. “ Perlombaan ini akan dilakukan selama sehari “ ujar Nengah Alit yang juga Kepala Dinas Dikporaparbud Jembrana ini. Banyaknya jumlah peserta maupun item lomba, memaksa panitia untuk memecah lokasi perlombaan. Selain menggunakan Wantilan Pura Jagatnata sebagai lokasi lomba, Madya Mandala Pura pun digunakan, termasuk menggunakan lokasi di SMA Negeri 1 Negara dan SMA Negeri 2 Negara.

Bupati Jembrana I Putu Artha mengatakan, dalam perkembangannya Utsawa Darma Gita sekarang telah menjadi wadah untuk memperdalam dan mensosialisasikan nilai-nilai sastra agama melalui suatu tembang. Artha mengilustrasikan, “ Kalau dulu para orang tua kita menyebut dengan melajah sambil magending (belajar sambil bernyanyi :red) “ ujar Artha. Bupati asal Banjar Pangkung Dedari, Melaya ini berharap, supaya para peserta mampu mengembangkan dan melaksanakan nilai-nilai sastra agama di setiap kehidupan agar terwujud kedamaian yang abadi. Artha juga mengingatkan, para juri yang berasal dari anggota Widya Sabha supaya benar-benar jujur dan obyektif dalam memberikan penilaian, agar menghasilkan juara yang terbaik diantara yang baik. “ Saya sangat berharap sekaa santi (kelompok seni lagu) yang ada di desa-desa dibangkitkan terus, karena disanalah tempat masyarakat untuk belajar nilai-nilai sastra agama “ tandas Artha. Saat berita ini diturunkan, perlombaan sedang berlangsung di empat lokasi. (02.HJ)

Kembali

Posting Komentar
Nama Lengkap
E-mail
Isi Komentar
captcha image
Berita Lainnya
BUPATI ARTHA : RPJMD HARUS KONSISTEN DAN TIDAK TUMPANG TINDIH
JVC IKUT KAMPANYEKAN PERANG NARKOBA
KEMBANG BERSAMA KFJ BAGI-BAGI TAS GRATIS
Peringati Hari Kartini dan HKG PKK ke 44 Bupati Artha : Jadikan Kartini Sumber Inspirasi
KEMBANG AJAK SISWA DAN GURU BERIKRAR JAUHI NARKOBA
KOMINDA WASPADAI TIGA MUSUH BESAR
PERINGATAN HUT POL PP DAN LINMAS BERJALAN SUKSES
SEARCH SITE



Copyright @ 2015 Pemerintah Kabupaten Jembrana: Jl. Surapati no 1 Kec. Jembrana Kab. Jembrana Prov. Bali
Email: kabjembrana@yahoo.com