• bg1
  • bg1
    Kantor Bupati Jembrana

    Jl. Surapati No 1 Kec. Jembrana Kab. Jembrana Prov. Bali. Telp. (0365) 41210 Fax: (0365) 41010

  • bg2
  • bg2
    Mekepung

    Tradisi Mekepung adalah sebuah atraksi balapan sepasang kerbau khas Bali dan hanya satu-satunya di Kabupaten Jembrana.

  • bg4
    Jegog

    Merupakan gambelan (alat musik) yang terbuat dari pohon bambu berukuran besar yang dibentuk sehingga menjadi alat musik bambu yang suaranya sangat merdu

  • bg6
    Pura Jagat Natha,

    sebagai lokasi dari Kebun Raya Jagatnatha yang akan dibangun dengan konsep tematik

  • bg6
    Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

    Burung pengicau dari suku Sturnidae. Hanya ditemukan di hutan Bali Barat dan merupakan satu-satunya spesies endemik Bali.

  • bg3
    Mekepung

    Tradisi Mekepung adalah sebuah atraksi balapan sepasang kerbau khas Bali dan hanya satu-satunya di Kabupaten Jembrana.

Membangun Jembrana dari Desa dan Kelurahan

Bersama Masyarakat Lanjutkan Pembangunan Jembrana

BUDIDAYA TANAMAN BAMBU

21 Mar 2012 Posted By: kpk (dilihat 14458 kali)

Bambu (Bambusa sp) merupakan komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat Bali, utamanya untuk keperluan adat dan upacara keagamaan. Bahkan Bambu sudah menjadi bagian dari budaya itu sendiri. Tanaman Bambu di Jembrana tumbuh secara alami utamanya pada alur-alur sungai/anak sungai baik di dalam Kawasan Hutan maupun di lahan milik masyarakat. Penyebaran tanaman Bambu Dalam Kawasan Hutan akan dapat dijumpai di wilayah : 1) Hutan Produksi Terbatas RPH Penginuman Desa Melaya, 2). Hutan Lindung RPH Candikusuma Desa Manistutu, Desa Berangbang; 3) Hutan Lindung RPH Tegalcangkring Desa Berangbang; 4) Hutan Lindung RPH Tegalcangkring Kel. Baler Bale Agung; 5) Hutan Lindung RPH Tegalcangkring Desa Kel. Dauh Waru dan Desa Batuagung; 6) Hutan Lindung RPH Tegalcangkring Desa Tegalcangkring. Pengembangan tanaman Bambu di Kabupaten Jembrana pernah dilaksanakan pada Tahun 2003/2004 melalui 1) Kegiatan GERHAN di Kawasan Hutan Lindung, dan Program Inovatif Bantuan Bank Dunia seluas 33,20 Ha.
Potensi tanaman Bambu di Kabupaten Jembrana diperkirakan seluas ± 110 Ha yang didominasi jenis Bambu Santong, Tali, Kulkul, ampel, Jajang, Hitam, Petung, Hitam, Tali Santong, Ampel.

Kembali

Berita SKPD

...

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBRGM ) adalah salah satu Program Nasional dalam Pemberdayaan Masyarakat ya ... selengkapnya...

Posted: 21 Jun 2017 by pmd (dilihat 3577 kali)




Pesan Singkat

transparansi

rencana

realisasi

kinerja

evaluasi

 
Web Links